Yenni Hartati's Blog & Shop

Tarbiyah Anak Kader

Posted on: February 11, 2009

Selain sebagai partai dakwah, Partai Keadilan Sejahtera juga partai kader. Kader merupakan unsur penting dalam PKS. Tidak hanya kader remaja atau dewasa, tapi juga kader anak – anak. Kader yang tangguh terlahir dari proses pembinaan yang kontinyu. Makin dini usia seorang kader saat memulai aktivitas tarbiyah,diharapkan akan memberikan pengaruh yang lebih mendarah daging.

Proses pembinaan untuk anak – anak terwujud dalam Tarbiyah Anak Kader. Sesuai dengan namanya, kelompok tarbiyah ini terdiri dari anak – anak kader. Aktivitas dakwah orang tua di luar rumah terkadang menyebabkan anak – anak menjadi “anti” dengan dakwah. Hingga ada beberapa anak kader yang sudah remaja menolak ikut tarbiyah dengan alasan ” aku tidak ingin seperti abi dan umi yang selalu sibuk di luar, jarang di rumah”. Dengan latar belakang inilah, mendekatkan anak-anak dengan proses tarbiyah sedini mungkin adalah penting. Di Partai Keadilan Sejahtera DPC Jagakarsa, proses tarbiyah untuk anak ini sudah dijalankan sejak mereka berusia 10 tahun atau kelas empat SD.

Namun, mengelola kelompok tarbiyah anak kader tidaklah mudah. Selera mereka tidak sama dengan remaja atau dewasa. Kebanyakan anak -anak tidak betah dengan model halaqah yang duduk melingkar sambil mendengarkan materi dari murobi yang kebanyakan bersifat satu arah. Mereka lebih suka bentuk games, jalan – jalan, dll, yang banyak melibatkan aktivitas motorik. Oleh karena itu, murobbi dan murobbiyah harus kreatif mencari cara bagaimana bisa menyampaikan materi dengan kemasan yang disukai oleh mereka.

Sebagai murobi anak kader, saya dituntut untuk mencari beragam kegiatan yang menarik. Awalnya terasa sulit juga, karena saya sama sekali tidak punya “back ground” kependidikan, psikologi, cukup asing dengan dunia anak – anak, dll. Berbeda dengan murobi lain yang rata – rata guru TK, SD, atau SMP. Tak heran kalau saya sempat agak stress juga menjelang pertemuan dengan mereka, bingung mencari kegiatan yang akan disampaikan. Hal ini mendorong saya untuk belajar dan menyelami dunia anak – anak. Berbagai hal saya lakukan, konsultasi dengan praktisi pendidikan, ikut seminar,  hunting buku – buku, CD, hingga browsing di internet. Sekarang pertemuan dengan mereka adalah hal yang dirindukan. Senang bermain bersama mereka, apalagi melihat tingkah mereka yang ceria dan lucu.

Tidak terasa, sudah setahun saya menjadi murobi anak kader. Dulu kelompok binaan saya terdiri dari 7 orang anak , kelas 4 SD. Kini sudah berkembang menjadi 15 orang anak, kelas 4 dan 5 SD. Empat anak dari pecahan kelompok lain, 4 anak baru bergabung. Ternyata para orang tua menyambut positif kegiatan ini, anak – anak juga semangat. Sehingga para peserta yang dulunya hanya dibatasi untuk kader yang tinggal di wilayah Jagakarsa, sekarang turut menampung anak kader daerah Depok. Karena katanya di Depok belum ada.

Mudah – mudahan kegiatan ini juga bisa dijalankan di tempat lain ya.

6 Responses to "Tarbiyah Anak Kader"

Assalaamalaikum,
Saya sedang cari materi buat anak, saya kader di Qatar butuh materi untuk anak-2.

Syukron

Saya sendiri biasanya search di internet Pak. Banyak materi yang bagus2. Tapi memang seringkali masih harus disesuaikan lagi, supaya lebih islami dan bermanfaat dan sesuai kebutuhan anak. Cuma memang link nya nggak saya tampilin di blog ini, ntar dikira promosi lagi, he…he..he..
Japri aja ya Pak, ke yennihartati@gmail.com

saya jiga bingung ni materi apa saja yang harus saya sampaikan, tolong dong bantuannya, setidak nya saling berbagi ilmu, tolong ya bantuannya,.. trims

Saya sebenernya juga ngambil dari kurikulum materi tarbiyah utk pemula Pak. Tinggal isinya disesuaikan saja. Program lainnya seperti jalan2, olahraga, dll, sama kayak halaqah dewasa. Tinggal ditambah games2 saja yang sesuai dengan usia anak. Khusus utk materi grup anak laki2 (ikhwan) pendekatannya tentu berbeda dengan anak putri. So, coba cari refensi dari murobbi ikhwan. Maaf belum bisa banyak membantu.

saya baru akan menjadi murobbi anak kader untuk anak usia smp dan sma, kira2 bentuk kegiatan dan materi apa yang sesuai dengan mereka, nach rencana baru akan dimulai minggu depan tolong ya di bantu kirim aja ke ummi_mardho@yahoo.co.id

Assalamualaikum… Bapak/Ibu, ana sudah menjalankan liqo anak2 kader setahun lebih, anak2 yang ana bina adalah anak2 SD kelas 3, 4, 5 & 6. Materi yang ana sampaikan dititik beratkan pada adab-adad & sopan santun serta ibadah praktis. Ana sampaikan tafsir al quran ataupun hadis dg bahasa yang mereka fahami disertai dg cerita2 yang berkaitan dg materi yang sedang ana sampaikan. Setelah 4x pertemuan kami selingi dg renang, futsal, badminton atau apa yang mereka sepakati. Alhamdlh sampai saat ini mereka
masih semangat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Visitor Location

Blog Stats

  • 116,699 hits
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: