Yenni Hartati's Blog & Shop

Makaroni Schotel Kukus

Posted on: June 15, 2009

MSK Kreasiku

MSK Kreasiku

Keinginan untuk memasak macaroni schotel  sebenarnya sudah lama ada. Namun, karena belum punya resep  yang pas, dan belum ada oven, terpaksa makaroni yang sudah lama dibeli tersimpan lama di lemari. Alhamdulillah kemarin, keinginan ini terwujud juga. Awalnya karena saya mendapat tugas membawa konsumsi ke pengajian rutin. Saya ingin menghadirkan makanan bergizi, murah, bersih, dan sehat untuk teman – teman dan anak – anaknya yang biasa ikut serta. Untuk memenuhi semua itu, jalannya tak lain adalah dengan memasak sendiri.

Saya sempat bingung mau masak makanan apa. Untungnya saya segera teringat bahan makaroni di lemari. Kebetulan saya juga sudah mendownload resep Makaroni Schotel Kukus dari blog nya Teh Irma. Makasih ya Teh resepnya. Kini, belum adanya oven tidak menghalangiku untuk memasak salah satu makanan favorit keluarga.

Karena saya adalah “chef” pemula, resep dari Teh Irma saya modifikasi sedikit. Saya belum tahu apa itu Green Pepper Cream Cheese, dan belum sempat mencarinya di supermarket. Jadi  saya ganti dengan keju cheddar dan lada putih. Saya juga mengganti daging asap dengan kornet. Supaya cukup untuk 20 orang, takaran bahan juga saya naikkan 2 hingga 4 kalinya.

Sejak jam empat kurang, saya sudah heboh di dapur. Saya siapkan bahan – bahannya. Saya rebus makaroni hingga lunak dan mengembang. Saya tumis daging bersama wortel dan buncis. Akhirnya saya campurkan semua bahan dalam wadah besar. Lalu saya masukkan ke dalam loyang bundar berdiameter 17 cm. Untuk menghemat waktu dan gas, saya kukus adonan dengan pressure cooker selama 15 menit (waktu dihitung sejak presto berbunyi). Waktu mengukus mungkin bisa dikurangi, dicoba – coba saja. Karena adonan cukup banyak, dan loyang kurang besar, saya mengukusnya dalam dua sesi.

 Setelah 15 menit, kompor dimatikan. Panci tekan pun dibuka, setelah semua uap panas keluar. Sempat deg – degan juga saat membukanya, khawatir adonan jadi lembek dan tidak padat. Tapi, Alhamdulillah, makaroni schotel matang merata dan padat. Setelah agak dingin, saya keluarkan dari cetakan. Lalu Makaroni Schotel Kukus itu pun dijeprat – jepret bak foto model. Sayangnya saya tidak membalik si makaroni, jadi tekstur bagian atas yang lebih menarik tidak terlihat. Yang terlihat hanya tekstur licin sesuai cetakan.

Ini adalah Makaroni Schotel Kukus pertama saya. Alhamdulillah, not bad, cukup bagus untuk pemula. Penampilannya cukup menarik. Baunya yang lezat begitu mengundang selera. Rasanya juga mantap. Tak heran jatah makaroni untuk penghuni rumah segera tandas. Saya puas. Hasil yang didapat sebanding dengan usaha yang dikeluarkan. Untuk mendapatkan Makaroni Schotel Kukus sebanyak dua loyang (d = 17cm) dengan tinggi 6 – 7 cm, menghabiskan dana sekitar Rp 60.000,-.

Untuk teman – teman yang tertarik, resepnya bisa dilihat di blog Teh Irma (dapur meranti), sudah saya link di blog saya. Selamat mencoba.

5 Responses to "Makaroni Schotel Kukus"

hhmmm yummy… mau dong… kalo dikirimke bdg bisa ga ya??

Silahkan dicoba….(sambil nyodorin schotelnya) ;-)

mana link nya mba ? saya minta dongg..makasihh

Maap, link apa ya Mba ? :)

link resep makaroni skutel kukus

Leave a Reply

June 2009
M T W T F S S
« May   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Recent Comments

raffi on Kapok Pake JNE
ulfi on Blus Jersey
Abdullaah on Kapok Pake JNE
marni on Pembalut Kain, Pembalut S…
mama_keenan on Kapok Pake JNE

Visitor Location

Blog Stats

  • 111,537 hits
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

