Yenni Hartati's Blog & Shop

POS KK dan FORSITMA FAIR

Posted on: January 30, 2009

Ibu – ibu tampak sumringah, berduyun-duyun mereka datang ke TKIT Ar – Risalah Kampung Kandang. Hari ini, Ahad, 11 Januari 2009, Bidang Kewanitaan Partai Keadilan Sejahtera DPC Jagakarsa mengadakan satu ‘gawe’ besar lagi, POS KK dan FORSITMA FAIR.

POS KK adalah singkatan dari Pos Keluarga Keadilan, yang merupakan kumpulan ibu – ibu dengan beragam kegiatan, seperti baca tulis Al-Qur’an, keterampilan, kesehatan, dan lain – lain. FORSITMA adalah Forum Silaturahmi Tokoh Majelis Taklim yang mewadahi para ustadzah pimpinan majelis taklim.

Karena perbedaan segmen peserta, biasanya acara POS KK dan FORSITMA berlangsung terpisah. Namun, dalam rangka memperingati hari ibu, diadakanlah sebuah acara besar yang dapat menampung aspirasi semua ibu – ibu, baik yang tergabung dalam POS KK maupun FORSITMA. Peserta acara ini adalah semua ibu – ibu anggota POS KK dan FORSITMA yang ada di wilayah kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kecamatan Jagakarsa terbagi dalam enam kelurahan, yaitu kelurahan Ciganjur, Cipedak, Jagakarsa, Lenteng Agung, Srengseng Sawah dan Tanjung Barat.

Acara POS KK dan FORSITMA FAIR ini dibuka oleh Bapak Ir. Faridian Riyadi, ketua DPC Jagakarsa sekaligus Caleg DPRD DKI Jakarta dari PKS untuk daerah pemilihan Jakarta Selatan. Dalam acara ini ibu – ibu juga diperkenalkan dengan Bapak Ir. Akhmad Faradis, Caleg DPR RI dari PKS untuk daerah pemilihan Jakpus-Jaksel-dan luar Negeri. Saat ini Pak Akhmad Faradis menjabat sebagai Ketua Bidang Pembinaan Pemuda DPP PKS.

Untuk menambah pengetahuan ibu – ibu, dalam acara ini diadakan talk show yang berjudul “Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga”. Pada kesempatan ini Ustadzah Hj. Nurhamidah, Lc., M.Ag., menyampaikan bahwa kekerasan dalam rumah tangga tidak selalu dilakukan oleh para suami, namun seorang istri juga berpotensi untuk melakukan KDRT. Tapi semoga saja ibu – ibu yang tergabung dalam POS KK dan FORSITMA tidak termasuk ke dalam golongan ini. Talk show ini juga menampilkan pembicara seorang advokat, Bapak Nasrullah Nasution, SH.

Sesuai dengan namanya, POS KK dan FORSITMA FAIR, kegiatan ini dimeriahkan dengan penampilan ibu – ibu anggota POS KK dan FORSITMA dalam aneka lomba. Ada beberapa lomba yang diikuti ibu – ibu dengan antusias, seperti lomba menghias stand pameran, inovasi produk daur ulang, kreasi unik dari kentang, cerdas – cermat, dan ceramah. Acara POS KK dan FORSITMA FAIR juga diramaikan dengan bazaar aneka produk, dan penjualan sembako murah. Tak lupa pula, untuk menjaga kesehatan ibu – ibu, diadakan pemeriksaan kesehatan seperti pemeriksaan tekanan darah, berat badan, kadar gula darah dan asam urat.

Kreativitas ibu – ibu ternyata sangat baik. Dalam lomba Inovasi Produk Daur Ulang, ibu – ibu menampilkan aneka produk menarik. Ada bunga yang terbuat dari sedotan, sabun bekas, plastik kresek, bahkan kulit kacang. Ada juga aneka tas dari plastik kemasan pengharum cucian, makanan ringan, dan lain-lain. Juga ada vas bunga dan tempat tisu dari kertas dan koran bekas.

Ibu – ibu juga kreatif dalam masak – memasak. Pada lomba Kreasi Unik dari Kentang, ibu – ibu menyuguhkan aneka bentuk dan jenis makanan lezat yang terbuat dari kentang sebagai bahan baku utama. Ada bolu kentang, podeng kentang, brownies, pizza, schotel, sambal goreng, nugget, bahkan kroket aneka isi, seperti isi ayam, sayuran, dan keju. Tak heran jika setelah juri memberikan penilaian, aneka makanan lezat dengan tampilan menarik ini segera habis diserbu penonton.

Sementara itu, pengetahuan ibu – ibu diuji dalam lomba cerdas – cermat yang berlangsung seru. Lomba yang diikuti oleh 8 tim perwakilan dari DPRa ini dibagi dalam dua babak penyisihan, dan satu babak final.

Ibu – ibu juga menunjukkan bakat terpendamnya dalam lomba ceramah. Ternyata DPC Jagakarsa memiliki calon – calon mubalighah yang handal.

Tepat pukul 12, pemenang lomba diumumkan. Lomba stand terbaik dan inovasi produk daur ulang dimenangkan oleh DPRa Jagakarsa sebagai juara 1, diikuti oleh DPRa Ciganjur dan Lenteng Agung sebagai juara ke-2 dan 3. Lomba cerdas – cermat dimenangkan oleh tim dari Lenteng Agung sebagai juara 1, diikuti oleh tim dari Jagakarsa dan Tanjung Barat sebagai pemenang ke-2 dan 3. Lomba Ceramah dimenangkan oleh ibu Tamronah dan ibu Sa’adah yang berasal dari DPRa Tanjung Barat. Sementara itu, yang keluar sebagai pemenang pertama pada lomba Kreasi Unik dari Kentang adalah DPRa Jagakarsa dengan masakan Pure Kentang, kedua DPRa Lenteng Agung dengan Brownies Kentang, dan ketiga DPRa Srengseng Sawah dengan Kroket isi Ayam.

Acara yang dihadiri sekitar 300 ibu ini, berakhir sekitar pukul 13 siang. Para pemenang pulang dengan hati senang. Sementara ibu – ibu yang belum menang dalam kesempatan kali ini tidak berkecil hati karena mendapat kesempatan untuk menampilkan karyanya.

Alhamdulillah, acara berjalan dengan lancar. Tak lama setelah para peserta pulang, dan lokasi acara dirapikan, hujan pun turun. Allah menurunkan rahmat-Nya, dan memberi kesejukan bagi panitia yang hendak beristirahat siang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

January 2009
M T W T F S S
    Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Recent Comments

septia susetyo on Kapok Pake JNE
Panca on Kapok Pake JNE
privat name on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE

Visitor Location

Blog Stats

  • 184,978 hits
%d bloggers like this: