Yenni Hartati's Blog & Shop

Tragedi Berkendara….

Posted on: February 14, 2009

Berkendara di jalan yang ramai menuntut kehati – hatian dan sikap waspada yang ekstra. Keserempet, senggolan dikit, bahkan tabrakan parah wajar saja terjadi di jalan yang ramai. Seperti tabrakan (tepatnya ditabrak) saya yang pertama. Saat itu saya sedang melintas di perempatan jalan yang ramai, tapi belum ada lampu lalu lintas di sana. Para pemakai jalan bebas saja melaju, tidak peduli dengan kendaraan dari arah lain.

Tapi bagaimana dengan jalan yang sepi ? Tadinya saya merasa akan cukup aman. Paling tidak saya bisa terhindar dari pengendara yang ceroboh. Tapi ternyata tidak juga. Buktinya, tadi pagi terjadi lagi suatu tragedi yang lebih parah dari yang saya alami sebelumnya.

Saat itu saya melintas di jalan kampus UI. Dari masjid Arief Rahman Hakim saya memilih jalan belakang, melewati perpustakaan pusat. Rencananya saya akan berputar arah di dekat poltek lalu keluar kampus dari pintu kukusan kelurahan. Tapi sebelum sampai di putaran, tiba – tiba dari arah kanan datang motor supra fit yang berbelok ke arah jalan yang saya lewati. Sebenarnya jalan itu cukup lebar. Tapi si pengendara motor (seorang perempuan) tampaknya melaju cukup kencang. Dia pun berbelok dengan sudut yang besar, hingga masuk ke jalur saya. Saya kaget melihat motor tsb tiba – tiba melintas di depan saya. Segera saya tekan rem. Tapi si pengendara motor fit tidak bisa menguasai diri, hanya berteriak. Tabrakan pun tak terelakkan lagi. Motor fit itu menabrak sisi kiri motor saya. Motor saya jatuh ke kanan, sedangkan motor fit terus melaju, keluar dari jalan, masuk ke cekungan yang ditumbuhi semak – semak, lalu jatuh bersama si pengendara dan seorang bapak yang diboncengnya.


Saya tidak sampai jatuh. Karena saat tabrakan terjadi, motor saya sudah berhenti. Dan kedua kaki dalam posisi menapak di jalan, posisi yang stabil. Segera saya matikan mesin motor (jenis matic), lalu melihat ke arah si penabrak yang sedang berusaha berdiri dari semak – semak. Saya periksa diri saya, berharap tidak terjadi cedera. Terasa nyeri di kaki kiri, tampaknya terkena pijakan kaki motor fit. Lumayan parah, hingga merobek kaus kaki. Setelah itu saya berdirikan motor saya, Alhamdulillah tidak ada goresan sama sekali.

Awalnya mau marah ke si pengendara fit, tapi tidak jadi, kasihan, kayaknya si perempuan sangat shock. Dan bapak yang dibonceng itu minta maaf ke saya, dia mengatakan kalau si pengendara masih belajar. Pantesan…… Kesal juga, gara – gara belajar motor, orang itu membuat saya cedera.

Orang – orang pun mulai berdatangan, menanyakan kronologis kejadian. Ada yang membantu si pengendara fit duduk dan memberinya minum. Saya cukup dirugikan dengan cedera yang saya alami. Tapi saya tidak ingin memperpanjang urusan. Setelah menanyakan nama, telepon dan alamat si penabrak, saya pun segera pulang.
Sesampai di rumah, segera saya buka kaus kaki. Ternyata ada luka lecet yang cukup besar dan memar selebar telapak tangan, yang mulai membengkak. Yaaah….inilah resiko yang harus saya tanggung atas pilihan membawa motor sendiri. Mudah – mudahan kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Amin.

Ada beberapa pelajaran yang saya ambil. Berkendara tidak hanya menuntut kehati – hatian dan kemampuan kita menguasai kendaraan. Tapi juga perlu kewaspadaan ! Kehati – hatian dan skill berkendara insya Allah akan menghindarkan kita dari menabrak atau mencederai pengguna jalan lain. Sedangkan kewaspadaan diperlukan agar tidak ditabrak (menjadi korban) pemakai jalan yang ceroboh dan tidak bertanggung jawab.

Selain itu, seperti saya tuliskan di awal, jalanan yang sepi tidak menjamin keamanan kita. Karena justru jalanan itu sering digunakan untuk belajar berkendara. Dan orang – orang inilah yang berpotensi mencelakakan pemakai jalan lainnya. Tak heran kalau di UI dipasang rambu larangan belajar mengemudi.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Recent Comments

septia susetyo on Kapok Pake JNE
Panca on Kapok Pake JNE
privat name on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE

Visitor Location

Blog Stats

  • 184,978 hits
%d bloggers like this: