Yenni Hartati's Blog & Shop

Pemeriksaan Kesehatan ala PKS

Posted on: February 17, 2009

Partai Keadilan Sejahtera adalah partai yang berusaha untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi ummat. Berbagai bentuk layanan diberikan, mulai dari layanan pendidikan ruhani, bakti sosial berupa sembako murah, hingga layanan kesehatan cuma – cuma. Salah satu bentuk layanan kesehatan yang sering dilakukan PKS adalah pengobatan penyakit dengan obat – obat generik standar. Sambutan masyarakat terhadap kegiatan ini sangat baik. Namun, sebagai salah seorang kader yang sering terlibat dalam layanan ini, saya mencatat beberapa kekurangan.

  1. Sasaran kegiatan ini hanya untuk orang sakit atau orang yang tiba – tiba menjadi sakit karena ingin mendapat obat gratis.
  2. Dana yang dibutuhkan relatif besar. Apalagi jika diukur dengan kantong PKS yang kebanyakan berasal dari kader – kadernya. Untuk satu kali pengobatan 100 orang, bisa menghabiskan dana Rp. 500.000,-. Dana ini sebagian besar digunakan untuk membeli obat – obatan. Stok obat diupayakan lengkap untuk semua jenis penyakit. Sayangnya, tidak semua obat – obatan yang sudah dibeli habis terpakai. Sehingga terpaksa dibuang karena kadaluarsa.
  3. Perlu melibatkan beberapa SDM professional. Untuk mendiagnosis penyakit perlu tenaga dokter atau perawat. Untuk menyiapkan obat perlu tenaga apoteker atau asisten apoteker. SDM profesional ini terkadang sulit ditemukan, terutama jika layanan kesehatan dilakukan serentak di beberapa tempat.
  4. Terkadang, manfaat yang dirasakan oleh masyarakat bersifat sementara. Untuk penyakit akut, layanan kesehatan ini sangat bermanfaat. Tidak sedikit pasien yang sembuh setelah mendapat pengobatan. Namun, untuk penderita penyakit kronis, manfaat yang dirasakan hanya sementara. Setelah obat habis, penyakitnya kambuh lagi.
  5. Nilai edukasi untuk masyarakat kurang.

Karena beberapa kekurangan di atas, PKS mencari formula baru yang lebih tepat bagi masyarakat. Kini, layanan kesehatan lebih difokuskan pada pemeriksaan kesehatan berbasis general check up sederhana. Misalnya, kontrol berat badan, pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, asam urat, dan kolesterol. Masyarakat sangat antusias mengikuti layanan ini. Karena layanan ini tepat untuk masyarakat luas, baik yang sehat atau sakit, tua atau muda, wanita atau pria. Kegiatan ini juga tidak menghabiskan banyak dana. SDM profesional yang dibutuhkan juga tidak banyak. Dan banyak kader yang bisa dilatih untuk memberikan layanan ini. Selain itu, ada nilai edukasi bagi masyarakat. Mereka jadi tahu apa sebab penyakit mereka, apa pantangannya, bagaimana agar tidak bertambah parah, dan bagaimana untuk menyembuhkannya.

Semoga PKS senantiasa bermanfaat bagi ummat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Recent Comments

septia susetyo on Kapok Pake JNE
Panca on Kapok Pake JNE
privat name on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE

Visitor Location

Blog Stats

  • 184,978 hits
%d bloggers like this: