Yenni Hartati's Blog & Shop

Acara Anak Kader 1

Posted on: February 23, 2009

Beberapa kali menjadi murobbiyah untuk mahasiswa  dan pelajar SMU, tidak menjamin seseorang akan sukses menjadi murobiyah anak kader. Khususnya anak – anak yang masih berusia SD. Saya sendiri masih terus belajar untuk menjadi murobiyah yang baik bagi mereka. Secara teori, materi yang disampaikan kepada mereka sebaiknya bersifat interaktif, diskusi, tidak monoton, banyak bercerita, dll. Semua itu sudah saya coba, tetapi tidak berhasil untuk mendominasi perhatian mereka. Mereka pun tampak kurang antusias dan tidak bersemangat. Ketika diminta untuk menyampaikan pendapat, mereka cenderung diam. Ketika ditanya, mereka lebih sering mengatakan tidak tahu.

Di saat saya sedang menyampaikan materi, selalu saja banyak yang bertanya, “bu, kapan gamesnya?”. Pertanyaan ini terus mereka ulang, hingga saya selesai menyampaikan materi. Ketika sesi games dimulai, mereka berubah seratus delapan puluh derajat. Mereka tampak begitu antusias dan bersemangat. 

Pada dasarnya, semua anak pasti suka bermain. Suatu hal yang tidak mereka sukai, ketika dikemas dalam bentuk permainan, akan dengan mudah dilakukan oleh mereka. Saya jadi teringat ketika membantu ibu menyuapi adik yang sulit makan. Saya ajak dia main mobil – mobilan. Secara rutin saya katakan padanya, ” ayo dik, sekarang isi bensin dulu”. Dengan senangnya adik saya membuka mulut dengan lebar. “nyam….sekarang mobilnya bisa jalan lagi”. Akhirnya, makan menjadi hal yang menyenangkan baginya.

Menyadari akan hal itu, saya mencoba formula baru saat menyampaikan materi kepada mereka. Materi yang akan saya sampaikan saya buat dalam bentuk teka – teki. Ini merupakan sedikit modifikasi dari ide teman saya, pak Ahmad Syaikhu. Judul materi adalah akhlaq islami. Anak – anak saya bagi dalam tiga kelompok. Kemudian saya berikan mereka selembar kertas. Mereka harus memecahkan teka – teki yang ada dalam waktu tertentu. Kelompok yang memberikan jawaban terbanyak akan menjadi pemenang. Teka – teki itu sebagai berikut :

Pecahkanlah teka – teki di bawah ini dengan tepat ! 

1. Rasulullah menerima wahyu Al _ Qur’an pertama kali di gua……

2. Temannya garpu adalah …..

3. Untuk mengetahui teka – teki nomor 3, pecahkanlah kode berikut :   

     ” qsiutbhg  rjgtjd  hbdchm  oqchfo”

Petunjuk : 

a. Buatlah susunan huruf di baris satu yang terdiri dari : 

– Tulislah jawaban nomor 1 , misalnya : ibnu

– Tulislah jawaban nomor 2, misalnya : adm

– Tulislah huruf abjad lainnya secara berurutan, setelah jawaban nomor 2, huruf tidak boleh ditulis lebih dari 1 kali

b. Buatlah susunan huruf abjad di baris kedua

c. Pecahkanlah kode dengan cara memadankan huruf di baris pertama dengan kedua

Contoh : 

ibnuadmcefghjklopqrstvwxyz

abcdefghijklmnopqrstuvwxyz

Kode “riyi” berarti “saya”

Berikan jawaban teka -teki nomor 3 sebanyak – banyaknya.

 

Akhirnya, anak – anak pun menuliskan banyak contoh akhlaq islami. Saya tinggal memperdalam contoh yang mereka berikan. 

Selain itu, untuk menambah ceria suasana, saya memberi games lainnya. Yaitu, gelang berjalan, kotak kerjasama, dan operasi angka. Rincian games tersebut dapat dilihat di buku Fun Game, karya Pepen Supendi dan Nurhidayat. Buku ini diterbitkan oleh Penebar Plus.

Setiap games tersebut dimainkan dalam kelompok yang berbeda. Pemenang masing – masing games, akan diberi bintang. Di akhir acara, anak – anak mendapat hadiah sesuai dengan jumlah bintang yang berhasil mereka dapatkan. 

Tags:

2 Responses to "Acara Anak Kader 1"

Subhanallah, teka-tekinya bagus sekali mbe…maslah mba dengan saya tdk jauh beda, saya juga Muroobi anak kader, yag mempunyai permasalahn sama seperti mba, padahal awal saya tarbiah sudah bergabung dengan anak kader(angkatan pertama) (kebetulan saya d asuh oleh om yang juga sebagai kader).dan saya memiliki hubungan sampai seperti saudara, sahabat(pokonya sudah dekat sekali) dan saya tau apa permasalahan mereka sebagai anak kader. tapi ktk d minta menjadi Muroobi anak kader( d bawah saya)ternyata cukup sulit….boleh ya maba aku copy game ini….

Alhamdulillah….
Boleh, copy saja….semoga bermanfaat

Leave a Reply

February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Recent Comments

septia susetyo on Kapok Pake JNE
Panca on Kapok Pake JNE
privat name on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE

Visitor Location

Blog Stats

  • 184,978 hits
