Yenni Hartati's Blog & Shop

Analisa Pengguna Internet

Posted on: March 17, 2009

Pengguna internet sekarang semakin bertambah. Mulai dari anak – anak usia SD hingga ibu rumah tangga. Bahkan nenek – nenek dan kakek – kakek juga mulai melek internet. Bisa jadi, hal ini disebabkan makin banyaknya orang yang punya PC bahkan laptop yang bisa dibawa kemana – mana. Juga, penyedia fasilitas internet yang kian bertambah. Belum lagi adanya handphone yang bisa dikoneksi dengan internet.

Saya sendiri mulai intens menggunakan internet sejak kuliah dan mengerjakan tugas akhir. Biasanya saya browsing bahan tugas akhir, mengirim dan membaca email, atau membaca artikel – artikel menarik seputar banyak hal. Saat itu, akses internet saya dapatkan dari warung – warung internet yang ada di sekitar kampus dan tempat kos. Oleh karena itu kesempatan saya untuk berinteraksi dengan dunia maya tidak begitu banyak. Hanya jika ada waktu luang, ada yang perlu saya cari, atau ada bangku kosong di warnet.

Namun, akhir – akhir ini saya semakin sering buka internet. Saat ini akses internet bisa saya lakukan di rumah. Selain itu juga ada beberapa hal yang membuat saya lebih semangat. Saya bisa mengetahui kabar teman – teman lewat facebook. Saya juga bisa baca email dengan leluasa. Selain itu, saya bisa mengelola blog sendiri. Hal inilah yang paling saya sukai.

Biasanya halaman yang pertama kali saya buka adalah admin blog saya. Saya begitu penasaran untuk mengetahui berapa pengunjung blog pada hari itu. Saya amati statistiknya dari hari ke hari. Tidak terasa sudah 2,5 bulan umurnya. Ada hal menarik yang saya dapati dari kurva statistik pengunjung. Ternyata, setiap akhir pekan pengunjung blog saya menurun. Hari sabtu dan minggu biasanya sepi.

Saya tertarik untuk membuat sedikit analisa. Mungkin pada hari libur ini para pengguna internet sibuk dengan acara keluarga. Banyak pengguna yang lebih suka keluar rumah, refreshing bersama sanak saudara. Bisa juga, hal ini disebabkan karena banyak orang yang menggunakan fasilitas internet kantor. Sehingga pada hari libur otomatis mereka tidak bisa mengakses internet. Nah, alasan yang kedua ini yang perlu kita cermati. Tidak masalah bila ber – internet ria dilakukan saat jam istirahat . Tapi bagaimana jika dilakukan saat jam kerja ? Bukankah seharusnya saat di kantor adalah saat bekerja ? Silahkan kita berintrospeksi diri. 

Tags:

Leave a Reply

March 2009
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Recent Comments

septia susetyo on Kapok Pake JNE
Panca on Kapok Pake JNE
privat name on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE

Visitor Location

Blog Stats

  • 184,978 hits
