Yenni Hartati's Blog & Shop

Mushola Pejaten Village Mall

Posted on: April 24, 2009

pejaten_exterior_23Di penghujung tahun 2008, bertambah lagi pusat perbelanjaan di Jakarta. PT. Lippo Karawaci Tbk. menghadirkan mall yang cukup megah, Pejaten Village. Mall ini berlokasi di perempatan strategis Warung Jati Barat – Pejaten Raya, Jakarta Selatan. Kehadiran mall ini sempat dikhawatirkan menambah kemacetan di ruas jalan yang memang telah padat.

Letak mall ini cukup dekat dengan rumah saya. Minimal seminggu tiga kali, saya melintas di depannya. Namun, baru dua kali saya mengunjungi mall ini. Kunjungan pertama, saat Pejaten Village belum lama dibuka. Waktu itu belum banyak toko yang beroperasi. Sebagian masih dalam tahap konstruksi. Saya pun hanya melihat – lihat beberapa counter di Matahari Dept Store. Counter sepatu, tas, dan perabot rumah tangga.

Beberapa hari yang lalu, saya menyempatkan diri untuk mengunjungi mall ini lagi. Sudah cukup banyak toko yang buka. Saya menghabiskan waktu yang cukup lama pada kunjungan kedua ini. Hasilnya saya mendapat sepasang sepatu yang cukup nyaman dengan harga murah, discount 50%. Saya juga mengikuti demo masak gratis Rudi Khairudin. Senang bisa mencicipi olahan lezat Chef Rudi, yang sebelumnya cuma saya lihat di TV. Saya juga sempat mencicipi mie ayam bakso di Food Village, berbekal voucher dari Rudi Khairudin.

Saya juga menunaikan sholat Zuhur di mall ini. Awalnya saya agak sungkan sholat di mall. Pengalaman saya, sangat jarang pusat perbelanjaan menyediakan fasilitas ibadah yang nyaman. Sering kali mushola berada di lantai dasar, di sudut yang kadang kurang terlihat, berdampingan dengan area parkir, sempit, dan gerah. Sangat berbeda dengan bangunan toko yang nyaman, luas, dan sejuk. Tempat wudhunya pun sering kali tidak islami. Tempat wudhu wanita banyak yang terbuka, tidak ada pembatas, mudah terlihat oleh orang – orang (termasuk pria) yang lalu lalang. Benar – benar tidak memberi kenyamanan bagi muslimah berjilbab khususnya. Beberapa mushola juga tidak dilengkapi dengan toilet. Sehingga pengunjung harus berjalan cukup jauh ke area perbelanjaan. Jika ada pun, toiletnya kurang memadai. Sedikit, dan tidak terawat.

Tapi mushola di Pejaten Village Mall berbeda. Meski pun berada di sudut lantai dasar, musholla ini sangat nyaman. Kualitas bangunan tidak kalah dengan area perbelanjaan. Ada tiga ruangan yang cukup besar. Dari pintu masuk kita akan sampai di lobi. Ada beberapa tempat duduk di sisi kiri. Pengunjung dapat melepas sepatu dengan nyaman. Atau menunggu saudara / temannya yang sedang sholat di bangku ini. Di sisi kanan pintu masuk, terdapat tempat wudhu dan ruang sholat khusus pria. Di sebelahnya terdapat tempat penitipan sepatu dan barang bawaan, yang dijaga oleh petugas yang ramah. Diharapkan pengunjung dapat sholat dengan khusyuk, tidak khawatir jika sepatu atau sandal mahalnya hilang. Sementara itu, tempat wudhu dan ruang sholat khusus wanita terdapat di bagian ujung lobi. Terpisah beberapa meter dari area pria. Tempat wudhunya cukup tertutup, dan bersih. Ruangan sholatnya luas dan berpenyejuk ruangan. Di pintu keluar mushola wanita terdapat cermin besar. Beberapa wanita tampak sedang mematut diri di depannya.

Di sebelah mushola terdapat toilet yang besar, bersih, dan nyaman. Pengunjung musholla yang ingin ke toilet tidak perlu repot – repot berjalan jauh. Toilet kering dengan kloset duduk ini, dilengkapi dengan shower. Memberi kenyamanan bagi muslim khususnya yang memerlukan air untuk beristinja.

Secara umum, saya terkesan dengan mushola di Pejaten Village Mall. Fasilitasnya memadai. Hanya satu, menurut saya yang perlu diperbaiki. Jumlah mukena harus diperbanyak dan dijaga kebersihannya. Jangan sampai keringat yang menempel terlalu lama menimbulkan bau yang tidak sedap dan warna yang tidak enak dipandang. Menimbulkan rasa jijik untuk menggunakannya.

By the way, semoga suasana nyaman, bersih dan terawat terus dapat dirasakan pengunjung. Tidak hanya saat mall masih dalam kondisi baru. Salut juga dengan PT. Lippo, mendirikan pusat perbelanjaan yang cukup megah dengan mushola yang tidak kalah megahnya.

Seharusnya pusat perbelanjaan lainnya melakukan hal yang sama dengan Pejaten Village, menyediakan fasilitas ibadah yang memadai. Apalagi saat ini, mall adalah salah satu tempat rekreasi bagi warga kota. Tidak heran jika pengunjung dapat menghabiskan berjam – jam waktunya di sini. Ditambah lagi dengan kondisi jalanan Jakarta yang sering kali macet, memerlukan waktu lama untuk sampai ke rumah. Sehingga tidak bisa tidak, menunaikan sholat di mall adalah satu – satunya pilihan. Diharapkan mall tidak hanya memenuhi kebutuhan duniawi, tetapi juga memenuhi kebutuhan pengunjung untuk mempersiapkan kehidupan akhiratnya yang lebih kekal.

Setelah selesai belanja, makan, dan sholat, saya pun segera pulang. Saya menghitung – hitung sudah berapa jam waktu yang saya habiskan di sini. Dan berapa uang yang harus saya siapkan untuk membayar parkir. Tapi ternyata parkir di Pejaten Village masih gratis… Entah sampai kapan. Mudah – mudahan seterusnya ya…he..he…he… (maunya..). Akhirnya saya pun pulang dengan hati senang.

(Foto diambil dari http://www.yourlippomall.com)

3 Responses to "Mushola Pejaten Village Mall"

Selain Mal Pejaten Village, yang musholanya termasuk baik saya kira adalah Mal Pondok Indah 2. Ada hampir di semua lantai. (sayangnya Mushala yang di Mal Pondok Indah 1 kurang bagus).
Pusat belanja lain yang tempat salatnya bagus adalah Pasaraya Blok M. Menurut saya, sebelum Mal dan Plasa di Jakarta merasa perlu punya mushala yang baik, mushola di Pasaraya yang paling bagus. Malah sekarang sudah ada mesjid.yang bagus di lt atas.
Dulu mushola di Plasa Semanggi (di lt 4 kalau tidak salah) juga bagus, tetapi sekarang ditutup. Memang sekarang ada mesjid di lantai 7, tetapi tempat wudhunya tidak sebagus mushola yang di lantai 4

Terima kasih atas informasinya.

sekarang kondisi kran westafel sudah pd bocor kepala.a

Leave a Reply

April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Recent Comments

septia susetyo on Kapok Pake JNE
Panca on Kapok Pake JNE
privat name on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE

Visitor Location

Blog Stats

  • 184,978 hits
