Yenni Hartati's Blog & Shop

Hati – Hati Mengkonsumsi Jamu !!!

Posted on: April 25, 2009

jamu-bko1Pada suatu hari, ibu Wati (nama samaran) mengeluh tidak enak badan. Ibu yang berusia sekitar 50 tahunan ini merasakan pegal – pegal dan masuk angin. Kemudian ia membeli jamu serbuk beberapa bungkus. Baru minum satu bungkus saja, ibu Wati kembali pulih. Semua keluhan segera hilang. Namun, tak berselang lama, bu Wati merasakan nyeri perut yang sangat. Ia pun merasa sakit saat buang air besar, dan fesesnya kehitaman. Bu Wati segera dilarikan ke rumah sakit. Ternyata telah terjadi perdarahan di saluran cernanya. Keluarga curiga, ini disebabkan oleh jamu yang diminum bu Wati. Mereka pun memeriksakan sampel jamu tersebut ke laboratorium BPOM. Hasilnya, jamu tersebut mengandung parasetamol, metampiron, allopurinol, dan piroksikam dalam dosis tinggi. Setelah beberapa hari dirawat, bu Wati menghembuskan nafas terakhir.

Hal yang sama juga dialami oleh Rika. Ibu muda dengan dua anak balita ini, mengeluh masuk angin setelah seharian rekreasi di pantai. Ia pun mengkonsumsi jamu serbuk yang diseduh. Tak berapa lama, ia mengalami sakit perut yang hebat. Rika pun segera dilarikan ke rumah sakit Fatmawati. Sama dengan bu Wati, Rika pun mengalami perdarahan saluran cerna yang parah. Keadaannya berangsur membaik. Setelah dirawat 2 bulan di rumah sakit, Rika pun dibolehkan pulang. Entah lupa dengan penyakitnya atau yakin ia telah sembuh, pada suatu hari Rika mengkonsumsi mi instan rebus dengan tambahan cabe rawit. Tak pelak lagi, perutnya langsung meronta. Untuk kedua kalinya, Rika dilarikan ke rumah sakit. Baru beberapa hari dirawat, nyawa Rika tak tertolong.

Bu Wati dan Rika adalah orang yang saya kenal terbiasa minum jamu. Jamu adalah salah satu jenis obat tradisional yang berisi seluruh bahan tanaman yang menjadi penyusun jamu tersebut. Jamu disajikan secara tradisional dalam bentuk serbuk yang diseduh, pil, atau cairan.

Masyarakat Indonesia memang sangat dekat dengan obat tradisional. Ramuan obat tradisional  ini diwariskan turun – temurun sejak zaman nenek moyang. Berdasarkan pengalaman, banyak ramuan yang memang berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Jamu juga diminati karena dianggap tidak memiliki efek samping.

Namun sayangnya, ada pihak tertentu yang menyalahgunakan kepercayaan masyarakat akan jamu ini. Agar produk jamunya manjur, mereka menambahkan bahan kimia obat ke dalam ramuannya. Jamu sendiri seharusnya murni produk herbal, tidak boleh mengandung bahan kimia obat. Bahan kimia obat yang seringkali ditambahkan ke dalam produk jamu adalah fenibutason, metampiron, deksametason, CTM, allopurinol, sildenafil sitrat, sibutramin hidroklorida, dan parasetamol. Sebagian besar bahan obat ini tergolong obat keras, yang hanya boleh diperoleh dengan resep dokter.

Parahnya lagi, produsen sama sekali tidak mengerti tentang dosis bahan obat ini. Mereka dengan serampangan mencampurkan bahan obat ke dalam produk jamunya. Tak heran jika banyak korban berjatuhan akibat mengkonsumsi jamu – jamu ini.

Sebagai konsumen, kita harus lebih berhati – hati. Saat ini banyak oknum yang melakukan segala cara untuk meningkatkan penjualan produknya. Mengejar keuntungan pribadi tanpa peduli dengan keselamatan orang lain. Jika ingin mengkonsumsi jamu, carilah produk yang sudah terpercaya, atau yang dibuat oleh orang yang kita kenal. Bahkan lebih aman lagi jika kita sendiri yang membuat jamu itu. Cari bahan herbalnya lalu diolah sendiri.

Bagaimana jika tidak menemukan jamu yang terpercaya ? Atau tidak punya waktu untuk membuat sendiri ? Saya pribadi lebih memilih mengkonsumsi obat, yang jelas komposisi, dosis, dan aturan pakainya.

(Foto diambil dari sini)

2 Responses to "Hati – Hati Mengkonsumsi Jamu !!!"

Memang serba salah bagi masyarakat kita yang sudah kadung jatuh cinta pada produk herbal seperti jamu. Saya sendiri lebih memilih jamu yang sudah terkenal dari dulu, itupun jika tidak terpaksa. Namun, kadangkala akal sehat kita dikalahkan dikala sedang sakit. Inilah dilemanya….

[…] Hati – Hati Mengkonsumsi Jamu !!! […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Recent Comments

septia susetyo on Kapok Pake JNE
Panca on Kapok Pake JNE
privat name on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE

Visitor Location

Blog Stats

  • 185,303 hits
%d bloggers like this: