Yenni Hartati's Blog & Shop

DR. M. Sohibul Iman.

Posted on: May 16, 2009

DR. M. Sohibul Iman

DR. M. Sohibul Iman

Pemilu legislatif telah usai. Jumlah suara telah diumumkan. Kursi – kursi legislatif telah dibagikan. PKS berhasil menempatkan 57 wakilnya di kursi DPR RI. Salah satunya adalah Dr. M. Sohibul Iman. Beliau adalah salah seorang wakil dari DKI Jakarta. Ingin tahu profil lengkapnya ? Silakan teruskan membaca artikel ini.

Pada pemilu legislatif 2009, Dr. M. Sohibul Iman, M.Eng adalah calon anggota dewan (CAD) DPR RI dari PKS nomor urut 1 di Daerah Pemilihan DKI Jakarta 2 yang meliputi wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Luar Negeri. Ia memiliki pengalaman yang beragam profesi dengan spesialisasi di bidang Kebijakan Teknologi dan Industri (aspek makro) dan Manajemen Inovasi dan Pengetahuan (aspek mikro).

Ia pernah mengabdi di lembaga teknologi pemerintahan, perguruan tinggi, dan perusahaan konsultan. Selama bertugas sebagai PNS di BAKOSURTANAL (Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional) dan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), ia banyak menangani proyek penelitian terutama yang berkait dengan kebijakan teknologi dan industri. Selain itu, ia juga banyak terlibat dalam program reformasi, restrukturisasi, dan revitalisasi di lembaga negeri ini. Di dunia akademik, selain berpengalaman sebagai dosen, di beberapa perguruan tinggi, ia pernah menjabat sebagai rektor Universitas Paramadina, Jakarta.

Ia juga pernah mendedikasikan dirinya pada konsultan hak paten di Amroos Law Consultant, Jakarta. Selama bekerja di lembaga tersebut, ia telah banyak menangani drafting, penelusuran, dan aplikasi hak paten dari berbagai perusahaan dalam dan luar negeri.

Sohibul Iman memulai dunia organisasi sejak memasuki usia SD, SMP, dan SMA (Pramuka dan OSIS). Pengalamannya mengelola organisasi semakin terasa, setelah melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. Saat memasuki semester 3 di IPB, ia melanjutkan pendidikan tingginya (S1-S3) di Jepang. Seluruh aktivitas organisasi yang dijalaninya semasa mahasiswa hingga kini selalu dilandasi motif kuat, “Memberikan kontribusi bagi masyarakat dengan bingkai Keagamaan (Keislaman) yang dipadukan dengan konteks Kekinian (Kemodernan) dan Kedisinian (Keindonesiaan).”

Tercatat beberapa organisasi telah dikelolanya, seperti ISTECS (Institute for Science and Technology Studies), YPNF (Yayasan Pendidikan Nurul Fikri), HSF (Hokuriku Scientific Forum), MITI (Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia), MYIT (Yayasan Inovasi Teknologi), dan lain-lain. Ia pernah terlibat pada organisasi profesi, seperti ISSS (International Society for System Sciences), JSPRRM (Japan Society for Science Policy and Research Management), IEEE (Institute of Electric and Electronics Engineers), dan lain-lainnya.

Ayah dari 4 putra/i dan suami Uswindraningsih Titus ini, bergabung dengan PK (Partai Keadilan) terhitung sejak era reformasi 1998. Berselang beberapa waktu kemudian, ia diamanahi sebagai Ketua Departemen IPTEK-LH DPP PK. Tahun 2005 hingga sekarang diberi kepercayaan sebagai Ketua DPP PKS bidang Ekuintek (Ekonomi, Keuangan, Industri, dan Teknologi).

Pengen tahu lebih banyak tentang pak Sohibul Iman ? Datangi saja website ini

Artikel di atas diambil dari sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Recent Comments

septia susetyo on Kapok Pake JNE
Panca on Kapok Pake JNE
privat name on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE

Visitor Location

Blog Stats

  • 184,978 hits
%d bloggers like this: