Yenni Hartati's Blog & Shop

Pelatihan Sulam Pita

Posted on: June 5, 2009

Contoh Produk

Contoh Produk

Alhamdulillah, satu lagi agenda Bidang Kewanitaan PKS DPC Jagakarsa berjalan dengan lancar. Biro POS KK (Pos Keadilan Keluarga), yang merupakan salah satu biro di Bidang Kewanitaan mengadakan Pelatihan Sulam Pita. Acara yang digelar pada hari Ahad, 31 Mei yang lalu ini, dihadiri oleh 52 orang lebih. Para peserta adalah ibu – ibu dan remaja putri anggota POS KK atau wakil dari RW – RW sekecamatan Jagakarsa.

Sulam pita saat ini sedang menjadi tren. Produk yang dihiasi dengan sulam pita akan tampak lebih cantik dan nilai ekonominya makin tinggi. Baju, kerudung, mukena yang terbuat dari bahan biasa akan menjadi istimewa dan mahal harganya dengan sulam pita.

Tak heran jika ibu – ibu begitu antusias mengikuti pelatihan ini. Mereka dengan tekun dan teliti berlatih tahap demi tahap sulam pita. Para peserta dibimbing oleh 4 orang trainer, yaitu bu Maike, Ria, Titi, dan Yayan. Keempat ibu ini berasal dari DPRa Lenteng Agung. Mereka sudah memiliki usaha sulam pita dengan order yang lumayan.

Suasana Pelatihan

Suasana Pelatihan

Personal Touch

Personal Touch

Dalam pelatihan ini, peserta diajarkan cara menyulam batang, daun, putik, bunga melati, mawar, dan lain – lain. Alat yang digunakan tidak banyak dan sederhana, yaitu ram / bidangan, jarum tajam dan tumpul, gunting khusus, dan korek api. Bahan yang digunakan adalah benang sulam, kain yang telah digambari pola, serta pita aneka warna, ukuran, dan jenis. Setelah dipelajari, ternyata sulam pita ini tidak serumit yang dibayangkan. Peserta pun tampak puas dengan hasil sulamannya.

Peserta Terbaik

Peserta Terbaik

Di akhir acara, bu Ria memilih satu orang peserta terbaik. Kriterianya adalah hasil sulaman yang banyak, dan rapi. Peserta terbaik jatuh pada mba Yanah dari DPRa Ciganjur. Ia pun diberi hadiah dari Bidang Kewanitaan PKS DPC Jagakarsa. Wah…senangnya….sudah mendapat ilmu, membawa pulang alat dan hasil sulaman, dapat hadiah lagi….

Tepat pada pukul 12 WIB, acara usai. Peserta pulang dengan hati senang. Mereka bertekad untuk menularkan ilmu yang didapat kepada ibu – ibu anggota POS KK lainnya. Mereka pun akan terus berlatih dan mencoba kreasi sulam pita lainnya, seperti pesan bu Ria. Alhamdulillah, semoga ilmu sulam pita ini bermanfaat untuk mengisi waktu, melatih keterampilan, dan meningkatkan ekonomi keluarga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

June 2009
M T W T F S S
« May   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Recent Comments

septia susetyo on Kapok Pake JNE
Panca on Kapok Pake JNE
privat name on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE

Visitor Location

Blog Stats

  • 184,978 hits
%d bloggers like this: