Yenni Hartati's Blog & Shop

Hikmah 4 : Tasyakur Bini’mah – Milad

Posted on: June 19, 2009

Senin, 18 Juni 1979

Di sebuah rumah sakit, dalam ruang yang tidak begitu luas, seorang wanita muda sedang berjuang antara hidup dan mati. Segenap tenaga dikerahkan. Peluh pun bercucuran. Hingga terdengarlah tangis seorang bayi…memecah kesunyian dini hari. Seorang bayi perempuan dengan bobot 3 kg lebih, telah lahir ke dunia. Bertambahlah jumlah manusia. Bertambahlah jumlah wanita yang menjadi ibu. Bertambahlah jumlah pria yang menjadi ayah. Bertambah pula jumlah nenek dan kakek. Hari itu, Senin, 18 Juni 1979 atau bertepatan dengan 22 Rajab 1399 H.

Segenap keluarga menyambut si bayi dengan suka cita. Terutama ibu dan ayah. Sang ayah, Yusuf, hendak mengukir namanya pada nama si bayi. Sang ibu, Rahmiyati, pun tidak mau ketinggalan. Sang ayah juga hendak mengabadikan nama bundanya yang telah tiada, Hanuyah. Bagian – bagian nama itu dirangkai bersama bagian nama bulan, Juni, saat si bayi dilahirkan. Jadilah si bayi dinamakan Yenni Hartati. Ditambah dengan harapan, agar si bayi menjadi insan yang jenius.

Kamis, 18 Juni 2009

Seorang wanita duduk terpekur. Merenungi perjalanan kehidupannya. Mengingat waktu yang telah dihabiskannya. Dialah bayi itu. Bayi mungil yang dulunya tiada daya upaya, kini telah menjadi wanita dewasa. Bayi mungil yang dulunya tidak bisa terpisah dari kedua orang tua, kini berjarak ratusan kilometer dengan ayah dan bunda. Waktu telah membawanya jauh.

Bayi mungil dan wanita yang duduk terpekur itu adalah aku. Sebenarnya bagiku peringatan ultah tidak begitu berbeda dengan hari biasa. Untuk berkomtemplasi jangan hanya ketika ultah. Bertambahnya umur juga terjadi setiap waktu, hari, tidak hanya setahun sekali.

Namun ultah kali ini, terasa lebih istimewa. Kenapa ? Ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya, yaitu :

Pertama, Ultah kali ini bertepatan dengan berakhirnya usia kepala duaku, dan berakhirnya dekade ketiga usia ku. Hari – hari ke depan, aku akan menuliskan umur dengan angka awal 3. Aku pun mulai memasuki dekade keempat umurku. Entahlah, aku tidak tahu apakah dekade keempat ini akan kujalani hingga penghujungnya. Ataukah waktuku sudah berakhir sebelum sampai ke sana.

Kedua, aku dan teman – teman pengajian sedang menjalankan program usbu’ ruhi (minggu ibadah). Dalam program ini kami ditugaskan untuk memperbanyak ibadah. Jadi, Alhamdulillah, saat ultah ke-30 ini, ruhiyahku dalam keadaan cukup baik. Sehingga aku begitu terharu, mengingat dan merasakan besarnya kasih sayang dan nikmat yang telah Allah curahkan untuk ku. 30 tahun kehidupanku, ku lalui dengan begitu banyak kemudahan, kebaikan, pertolongan, serta petunjuk dari Allah SWT. Allah curahkan rizki-Nya padaku, dari arah yang tidak disangka – sangka. Allah menjaga dan menghindarkanku dari keburukan. Allah jauhkan diriku dari kesesatan. Allah penuhi kebutuhanku. Allah kabulkan do’a – do’aku. Hingga ujian yang diberikan, juga merupakan wujud kasih sayang- Nya padaku. Masih banyak lagi. Tidak akan sanggup seorang hamba, menghitung segala nikmat-Nya. Yaa Allah, tuntunlah aku, keluargaku, dan saudara – saudaraku untuk selalu mensyukuri nikmat – Mu. Dan jadikanlah kami termasuk hamba – hamba Mu yang bersabar.

Ketiga, aku merasakan begitu banyaknya perhatian dari keluarga dan teman – teman pada ultahku kali ini. Begitu banyak ucapan selamat dan do’a untuk ku. Bukan dari keluarga dan teman – teman dekat saja. Tapi juga dari keluarga dan teman – teman lama yang sudah bertahun – tahun tidak bertemu. Inilah salah satu manfaat kemajuan teknologi, adanya internet, facebook, dan lain – lain. So, terima kasih buat semuanya. Semoga Allah mengabulkan semua do’a – do’a dan memberikan ganjaran yang lebih baik. Amin.

Aku juga begitu terharu dengan kebaikan dan perhatian yang diberikan adik – adik binaan ku. Mereka menyisipkan agenda khusus pada pertemuan rutin kami. Waktu pengajian yang bertepatan dengan ultahku diisi dengan makan kue dan doa bersama. Jazakunnallah khairan katsiiraa….

Aku jadi malu. Mudah – mudahan perhatian keluarga dan sahabat – sahabat ku ini menjadi pengingat agar aku memberi perhatian yang lebih besar kepada mereka.

Ada lagi alasan keempat, yang baru kuketahui setelah ditelpon ibu tengah malamnya. Ibuku mendapat penghargaan Satya Lencana dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Atas pengabdian ibu menjadi guru selama 30 tahun. Sayangnya penghargaan ini tidak diserahkan langsung oleh SBY, tapi diwakilkan ke Bapak Walikota Palembang. Mungkin Pak SBY sedang mempersiapkan diri untuk Debat Capres ya. Bagi ibuku penghargaan ini begitu berarti. Terlebih lagi disampaikan saat hari ulang tahun anaknya tercinta. Selamat ya Bu. Semoga ibu selalu memiliki semangat yang besar untuk mencerdaskan anak bangsa. Amiin.

Mungkin itu beberapa alasan yang teringat olehku. Yang jelas, hari ulang tahun ke-30 ini begitu berarti. Terima kasih Yaa Allah…atas segala karunia – Mu. Aku mohon masukkanlah aku ke dalam golongan orang – orang yang sabar dan senantiasa bersyukur pada – Mu. Berilah aku pertolongan dan hidayah – Mu, agar aku bisa menjalani hari – hari ke depan dengan lebih baik. Curahkan lah rahmat dan berkah – Mu, agar aku menjadi insan yang bermanfaat bagi makhluk – Mu yang lain. Juga limpahkanlah kebaikan kepada keluarga, sahabat, dan saudara – saudara seimanku. Amiin.

1 Response to "Hikmah 4 : Tasyakur Bini’mah – Milad"

Awesome .. really interesting subject. I will blog about it also!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

June 2009
M T W T F S S
« May   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Recent Comments

septia susetyo on Kapok Pake JNE
Panca on Kapok Pake JNE
privat name on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE

Visitor Location

Blog Stats

  • 184,978 hits
%d bloggers like this: