Yenni Hartati's Blog & Shop

Kenapa Malas Nulis ?

Posted on: July 24, 2009

Hari sudah sampai di penghujung bulan Juli, tak terasa. Namun baru dua tulisan tambahan yang nangkring di blogku bulan ini. Hampir 3 minggu sudah aku tidak menulis. Hmm…apakah aku sedang ada di masa malas menulis ya ?

Setelah kupikir – pikir, ada beberapa hal yang membuat aku jarang dan agak malas menulis post baru di blog :

1. Koneksi Internet yang Bermasalah

Sebenarnya di rumah ada dua provider internet, satu yang pake jaringan kabel, satu lagi yang wireless. Tapi dua – duanya suka error dan lemot banget. Sampai akhirnya abang mengganti dengan provider lain (yang wireless). Lumayan bagus sih, so, sering dibawa abang ke kantor, jadi aku jarang bisa pake. Nah, yang kabel, kelemahannya repot masangnya. Harus nyolokin ini lah..itu lah…Sudah repot gitu, ternyata gak bisa connect juga…wah jadi bete. Akhirnya aku jadi males online n nengok blog deh…

2. Sibuk

Ini mungkin alasan klise ya. Kalau dipikir – pikir aku sebenarnya tidak sibuk – sibuk amat. Lha wong tidak kerja kantoran kok…Tapi memang beberapa pekan ini ada banyak urusan yang membuatku tidak bisa fokus menulis. Di antaranya project bersama teman yang Alhamdulillah semakin berkembang, kegiatan sosial, dan lagi renovasi rumah. Kesibukan renovasi rumah ini lumayan menyita waktu. Aku harus mengawasi kerja tukang. Aku juga perlu mencari beberapa material. Mulai dari pasir, semen, keramik, kayu, cat, kunci, dan lain – lain. Mungkin orang – orang heran, kok yang sibuk ngurusin renov rumah istrinya bukan suami. Tapi memang abang sedang sibuk urusan kantor. So, aku lah yang dengan senang hati menangani urusan domestik. Hitung – hitung belajar n pengalaman.

Mungkin untuk penulis handal, tidak perlu banyak waktu ya untuk menghasilkan tulisan bagus. Tapi untuk ku yang baru belajar menulis, perlu waktu berjam – jam untuk mencurahkan ide di dalam kepala menjadi kalimat – kalimat menarik. Dan saat menulis aku benar – benar harus fokus, tidak bisa diganggu oleh hal – hal lain.

3. Tidak Punya Ide

Ide menulis sering kali muncul dari pengalaman ku sehari – hari. Atau bisa juga muncul saat aku sendiri. Nah, masalahnya belakangan ini aku menjalani rutinitas kegiatan seperti biasa, nothing special. So, jadilah tidak ada ide baru. Karena beberapa pengalaman rutin ku sudah pernah kutulis di blog ini.

4. Sering Menunda Menulis

Sering kali aku punya ide untuk menulis sesuatu. Tapi waktu yang belum memberiku kesempatan. Jadi ditunda – tunda terus. Hingga kini ide – ide itu belum juga menjelma menjadi tulisan. Beberapa ide yang pernah terpikir adalah menulis tentang sanseviera ku (baca tulisan ini) yang kini sudah semakin besar dan beranak pinak. Aku juga ingin membedah buku biografi nenekku, dan buku2 menarik lainnya yang sudah kubaca. Yaa Allah…mudahkanlah aku untuk menulis..

5. Lagi Suka Membaca

Saat ini aku sedang lebih suka membaca. Banyak media yang sangat ingin kubaca seperti, email yang menarik, note teman di facebook, majalah, buku, koran, dan lain – lain. Karena waktunya banyak digunakan untuk membaca, jadilah tidak tersisa waktu untuk menulis.

Mungkin 5 faktor di atas lah yang membuatku malas menulis. Tapi ngomong – ngomong…menulis tentang malas menulis ternyata menghasilkan tulisan juga ya….😉 Memang ada banyak sekali hal – hal yang bisa kita tulis….So, ayo semangat menulis….Semoga tulisan – tulisan kita bisa menjadi memoar dan bermanfaat bagi banyak orang.

Leave a Reply

July 2009
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Recent Comments

septia susetyo on Kapok Pake JNE
Panca on Kapok Pake JNE
privat name on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE

Visitor Location

Blog Stats

  • 184,978 hits
