Yenni Hartati's Blog & Shop

10 Hari Terakhir Ramadhan

Posted on: September 9, 2009

Tidak terasa, perjalanan waktu begitu cepat. Kita sudah berada di hari ke-19 bulan Ramadhan 1430 H. Beberapa jam lagi, kita akan memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Hari – hari yang begitu istimewa dan memiliki banyak keutamaan.

So, ayo tingkatkan ibadah. Jangan malah mengendur karena sudah lelah beribadah di hari – hari sebelumnya. Jangan pula menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan. Atau sibuk membuat kue – kue lebaran.

Ibadah apa saja yang harus dilakukan sepanjang 10 hari terakhir bulan Ramadhan ? Yuk, kita simak tuntunan Rasulullah SAW

1. Menghidupkan malam hari dengan ibadah, seperti shalat tarawih, tahajud, witir, berzikir, dan membaca Al – Quran. Dari Aisyah ra berkata, ” Nabi SAW apabila memasuki sepuluh malam terakhir, maka beliau mengencangkan kainnya, menghidupkan malamnya, dan membangunkan keluarganya.” (HR. Bukhari)

2. Lebih meningkatkan intensitas ibadah. Syaikh Muhammad Shalih bin Utsaimin menyebutkan bahwa Nabi SAW menjelang sepuluh terakhir bulan Ramadhan semkain bersungguh- sungguh meningkatkan intensitas ibadah beliau, terutama di malam hari. Dari Aisyah ra berkata, “Rasulullah saw bersungguh – sungguh selama sepuluh hari terakhir Ramadhan. Hal yang tidak biasa beliau lakukan pada bulan lainnya.” (HR. Muslim)

3. Rasulullah saw juga membangunkan keluarganya untuk melakukan shalat dan ibadah lainnya pada malam – malam Ramadhan, khususnya malam sepuluh akhir.

4. Melakukan itikaf, yaitu berdiam diri di masjid untuk beribadah. Ibadah ini sangat dianjurkan, khususnya untuk seorang muslim. Ibadah di masjid tentunya akan mendatangkan pahala yang lebih baik. Selain itu, masjid adalah tempat yang sangat kondusif untuk beribadah. Di dalamnya dipenuhi oleh orang – orang yang semangat beribadah, hal ini juga bisa menjadi motivator kita, berlomba – lomba dalam kebaikan. Bagi muslimah, itikaf juga dapat dilakukan. Dengan catatan, masjid tersebut menyediakan fasilitas khusus muslimah, yang terjaga hijabnya. Agar khusyuk beribadah dan terhindar dari fitnah.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

September 2009
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Recent Comments

septia susetyo on Kapok Pake JNE
Panca on Kapok Pake JNE
privat name on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE

Visitor Location

Blog Stats

  • 184,978 hits
%d bloggers like this: