Yenni Hartati's Blog & Shop

Memburu Malam Seribu Bulan

Posted on: September 10, 2009

Salah satu keistimewaan bulan suci Ramadhan adalah adanya lailatul qadr. Pada malam tersebut Allah SWT menurunkan untuk pertama kalinya Al – Quran  kepada Rasulullah saw. SEtelah itu Al – Quran diturunkan secara bertahap selma kurang lebih 23 tahun, yaitu 13 tahun di Makkah dan 10 tahun di Madinah. Peristiwa turunnya pertama kali Al – Quran diabadikan oleh Allah dalam berbagai firmannya, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan,” (QS Al-Qadr : 1).

Lailatul Qadr merupakan anugerah besar yang Allah berikan kepada umat Nabi Muhammad saw, dan belum pernah diberikan kepada umat – umat terdahulu. Al-Qadar berarti asy Syarf wat Ta’zhiim (mulia dan agung). Dinamakan demikian karena malam itu memang sarat dengan kemuliaan, keagungan, kesucian, keutamaan, keberkahan, dan pahala. Keutamaannya jauh lebih bernilai daripada seribu bulan.

Keutamaan Lailatul Qadr

1. Allah SWT menurunkan Al-Quran pada malam Lailatul Qadr.

2. Lailatul Qadr lebih baik daripada seribu bulan. Maksudnya, beribadah di malam itu dengan ketaatan, shalat, membaca Al-Quran, dzikir, dan doa sama dengan beribadah selama seribu bulan (83 tahun 4 bulan). Dari Anas ra bahwa Rasulullah saw bersabda, ” Sesungguhnya bulan ini (Ramadhan) telah datang kepadamu. Di dalamnya terdapat satu malam yang nilai keutamaannya lebih baik daripada seribu bulan. Barang siapa yang mengabaikannya, maka ia terabaikan dari segala kebaikan. Tidak ada yang mengabaikannya kecuali orang yang diabaikan,” (HR Ibnu Majah. Al-Albani menilainya sebagai hadits hasan di dalam kitab Shahih at-Targhib 1/418).

3. Para malaikat pada malam itu turun ke bumi dengan membawa kebaikan, keberkahan, dan rahmat. “Pada malam itu turun malaikat – malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar,” (QS Al-Qadr : 4)

4. Lailatul Qadr adalah malam kesejahteraan dan keselamatan. Pada malam itu, hamba Allah yang shalih yang menjumpai malam itu akan dibebaskan dari hukuman dan azab dengan sebab ketaatannya kepada Allah SWT. “Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar,” (QS Al-Qadr : 5). Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa beribadah pada malam Lailatul Qadr karena keimanan dan mengharapkan pahala, maka diampuni dosa – dosanya yang telah lalu,” (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Allah SWT menurunkan surat Al – Qadr secara sempurna (keseluruhan) yang akan dikumandangkan hingga hari kiamat.

Tanda – Tanda Munculnya Lailatul Qadr

Lailatul Qadr waktunya dapat dijumpai pada salah satu dari malam – malam ganjil sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Rasulullah saw bersabda, “Carilah Lailatul Qadr itu pada malam – mlaam ganjil dari sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan,” (HR. Bukhari dan Muslim). Allah SWT sengaja merahasiakn kemunculan malam itu agar kaum muslimin berlomba mengisi hari – harinya dengan ibadah. Namun demikian, untuk memandu kaum muslimin memburu malam seribu bulan itu, Rasulullah saw memberikan beberapa petunjuk. Antara lain :

1. terdapat di dalam kitab Shahih Muslim bahwa Rasulullah memberitahukan, di antara tanda – tandanya adalah terbitnya matahari pada pagi hari dengan sinar yang tidak terlalu terang dari biasanya.

2. terdapat di dalam kitab hadits Ibnu Abbas ra dnegan riwayat at-Thayalisi dengan sanad yang shahih bahwa Nabi saw bersabda, “Lailatul Qadr itu adalah malam yang cerah. Tidak terasa dingin dan juga tidak terasa panas. Matahari sepanjang hari itu memancarkan mega merah.”

3. terdapat dalam hadits Watsilah bin al – Asqa’ dengan sanad hasan dimana Rasulullah saw bersabda, “Lailatul Qadr itu adalah malam yang bersinar. Tidak ada panas. Tidak dingin. Tidak ada pula bintang yang dilemparkan (bintang komet jatuh).”

(Sumber : Majalah Sabili, Ramadhan 1422 H, penulis : Ikhwan Fauzi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

September 2009
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Recent Comments

septia susetyo on Kapok Pake JNE
Panca on Kapok Pake JNE
privat name on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE

Visitor Location

Blog Stats

  • 185,303 hits
%d bloggers like this: