Yenni Hartati's Blog & Shop

Hari Batik Nasional

Posted on: October 2, 2009

Hmm..baru tahu, kalo hari ini, 2 Oktober dijadikan Hari Batik Nasional. Mulai kapan ya ditetapkannya ? Pas buka TV pagi – pagi, dah terlihat 2 orang penyiar favoritku mengenakan busana batik. Suami pun jadi teringat bahwa hari ini karyawan di kantornya diminta memakai batik.

Aku sendiri sebenarnya juga pengen pake batik hari ini. Tapi sayangnya koleksi busana batik milikku masih minim banget. Yang layak dipake keluar rumah hanya 3. Dua stel baju batik PKS (Partai Keadilan Sejahtera), tampaknya kurang pas untuk dipake ngantor. Dan satu lagi rok batik prada yang lebih pas dipake kondangan. Lainnya adalah daster dan piyama batik, tentunya hanya pas dipake di dalam rumah.

Aku jadi sadar, sepertinya memang perlu menambah koleksi pakaian batik. Agar batik semakin membudaya di negara kita. Selama ini kan batik cukup jarang digunakan. Seringkali hanya menjadi daster ibu – ibu rumah tangga, kain nenek – nenek, atau sebagai kain panjang penutup jenazah. Kadang – kadang juga digunakan saat kondangan, yang mulai digeser oleh hadirnya jas – jas keren dan kebaya brokat modern.

Untungnya, Pak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kembali menggalakkan penggunaan pakaian batik. Sehingga akhir -akhir ini batik lebih sering digunakan pada acara – acara formal dan non formal. Selain menampakkan ciri khas Indonesia, menggunakan pakaian batik ternyata mendatangkan keuntungan lain. Yaitu bahan batik yang (pada umumnya) terbuat dari katun sangat nyaman dipakai, menyerap keringat, tidak panas, dan lebih adem. Sangat cocok dengan iklim Indonesia.

Walaupun terbuat dari bahan katun yang agak tipis, seringkali batik tidak tembus pandang. Hal ini mungkin disebabkan karena corak batik yang sangat dominan. Jadi, batik memenuhi salah satu syarat pakaian muslimah. Tentunya masih banyak keuntungan lain.

So, pake batik….siapa takut…..

Tags:

3 Responses to "Hari Batik Nasional"

Yuk, ramaikan batik dengan senang dan bangga. apalagi kalau sambil naik sepeda ^_^

Barusan di kantor saya tempat bekerja, mendapat instruksi dari atasan yang datagnya dari Bapak Gubernur Jatim, bahwa hari Kamis dan Jumat diwajibkan memakai batik. Semoga ini bukan hanya gebrakan sesaat saja.

Salam kenal Mbak🙂

Terimakasih comment nya…
Salam kenal juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

October 2009
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Recent Comments

septia susetyo on Kapok Pake JNE
Panca on Kapok Pake JNE
privat name on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE

Visitor Location

Blog Stats

  • 185,303 hits
%d bloggers like this: