Yenni Hartati's Blog & Shop

Fadho’il Al – Qur’an (Part 1)

Posted on: December 5, 2009

Siang tadi saya dan teman – teman  mendapat taujihat dari Ustadz H. Ahmad Muzammil Al Hafizh. Beliau menyampaikan tentang Fadhilah Al – Qur’an. Tujuan materi ini adalah menumbuhkan motivasi untuk lebih bersemangat berinteraksi dengan Al – Qur’an, terutama menghafalnya. Seseorang yang mengetahui keuntungan yang akan dia dapat dari suatu pekerjaan, akan melakukan pekerjaan itu dengan antusias. Tak peduli rintangan apapun yang menghadang.

Fadho’il (Keutamaan) Al – Qur’an terbagi menjadi dua bagian, yaitu fadho’il di dunia dan di akhirat.

Fadho’il Al – Qur’an di dunia antara lain adalah :

1. Mempelajari Al – Qur’an adalah sebaik – baik kesibukan.

“Barang siapa yang disibukkan Al – Qur’an dalam rangka berdzikir dan memohon kepadaKu, niscaya akan Aku berikan sesuatu yang lebih utama dari apa yang telah Ku berikan pada orang – orang yang meminta. Dan keutamaan kalam Allah dari seluruh kalam selain – Nya seperti keutamaan Allah atas makhlukNya.” (HR. Turmudzi)

2. Allah SWT mengangkat derajat Ahlul Qur’an (orang yang senantiasa berinteraksi dengan Al Qur’an) menjadi keluarga – Nya.

“Sesungguhnya di antara manusia terdapat keluarga Allah. Para sahabat bertanya, “Siapakah mereka, Yaa Rasulullah ?” Rasul menjawab, “Mereka adalah Ahlul Qur’an; mereka keluarga Allah dan orang – orang pilihanNya. (HR. Ahmad)

Kata keluarga menunjukkan hubungan yang sangat dekat antara Allah dengan hambaNya. Kedekatan melambangkan cinta, dan cinta akan meringankan manusia dalam melaksanakan seluruh perintah Allah.

3. Al Qur’an adalah kenikmatan yang harus didamba – dambakan

Tidak boleh iri kecuali terhadap dua kenikmatan; kepada seorang yang diberi Al Qur’an oleh Allah kemudian ia membacanya sepanjang malam dan siang, dan orang yang diberi harta oleh Allah, lalu ia membelanjakanya di jalan Allah sepanjang malam dan siang.” (HR. Bukhori)

Kata “membaca” bukan berarti sekedar pekerjaan lisan, bahkan tidak melewati kerongkongannya. Namun “membaca” di sini dimaksudkan membaca dengan lisan, dengan hati, meresapi maknanya, dan ‘menghidupkannya’.

(Bersambung)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

December 2009
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Recent Comments

septia susetyo on Kapok Pake JNE
Panca on Kapok Pake JNE
privat name on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE

Visitor Location

Blog Stats

  • 184,978 hits
%d bloggers like this: