Yenni Hartati's Blog & Shop

Wisata Murah, Sehat Raga

Posted on: November 2, 2010

Sudah jadi pengetahuan umum kalo hidup di kota besar terutama di Jakarta, apa – apa mahal. Jangankan untuk kebutuhan sekunder, tersier, dst, utk kebutuhan mendesak saja, pipis (maaf) misalnya, harus bayar. Dulu cukup dengan 500 perak, sekarang umumnya dah seribu rupiah.
Untuk rekreasi, perlu merogoh kocek lebih dalam lagi. Memang ada sih beberapa tempat yang bisa diakses umum tanpa dipungut biaya. Misalnya taman – taman kota, tapi jumlahnya gak banyak, dan sering kali kurang terawat.
Namun ada salah satu tempat wisata yang murah meriah. Teman – teman tahu ? Mungkin ada tebakan teman2 yang tepat. Yaitu, kebon binatang (bonbin) ragunan. Dari zaman dulu hingga sekarang, bonbin ragunan ini selalu ramai dikunjungi. Apalagi pada saat liburan panjang, seperti libur sekolah atau lebaran. Pengunjungnya benar2 membludak, hingga memacetkan jalan – jalan di sekitarnya.
Beberapa hari lalu, saya dan anak – anak sempat rihlah (jalan – jalan) ke sana. Tiket masuknya memang murah. Tiket masuk + asuransi untuk dewasa Rp 4.500,- dan anak – anak (3-12 tahun) Rp. 3.500,-. Berarti anak di bawah 3 tahun gratis kali ya ? Hmm..sayangnya saya kemaren gak sempat nanya.
Apa yang bisa teman2 temukan di dalamnya ? Ya, tentu saja berbagai hewan koleksi ragunan. Ada juga beberapa permainan, seperti kereta monorail, bom bom car, dll. Teman2 juga bisa berbelanja di sana. Mulai dari makanan, aneka souvenir, hingga mainan dan boneka yang warna – warni dan lucu. Soal harga, jangan tanya saya.🙂
Saat ke bonbin ragunan kemaren, kami tidak menghabiskan banyak waktu untuk “menengok” binatang – binatang yang ada. Mungkin anak – anak sudah pada bosen kali ya, saking seringnya ke ragunan. Kami memilih untuk menikmati sisi lain ragunan. Yaitu segar dan bersihnya udara pagi di antara pepohonan rindang, sambil bersepeda.
Nah, ini dia yang mau saya ceritakan. Teman2 bisa rekreasi sambil olahraga di bonbin Ragunan, di antaranya dengan sepeda. Kita diperbolehkan bawa sepeda sendiri, atau jika ingin praktis, bisa sewa di sana. Kami kemaren memilih sewa sepeda saja. Karena beberapa memang gak punya sepeda, khususnya saya he…he..he.. Ada juga yang repot bawa dari rumahnya yang lumayan jauh.
Sepeda yang disewakan ada berbagai pilihan. Ada yang single untuk anak dan dewasa. Ada juga yang tandem besar dan kecil. Saya dan rombongan anak – anak menyewa 4 tandem dan 2 single yang besar. Harga sewanya lumayan juga. Untuk single besar @ Rp. 10.000,-. Sedangkan tandem besar @ Rp. 15.000,-. Setelah membayar harga sewa dan menitipkan kartu identitas, kita dibebaskan menjelajahi bonbin selama satu jam.
Sebagai satu – satunya orang dewasa, saya kebagian sepeda tandem. Di belakang saya, duduklah Nabila, siswa kelas 6 SD. Awalnya saya sempat bingung, kok naik sepeda lumayan sulit ya. Apalagi sudah 13 tahun lebih saya tidak menyentuh benda yang namanya sepeda. (Selain sepeda motor tentunya :-D). Sudah gitu, kebagian yang tandem lagi, beeeraaat. Namun, setelah mencoba beberapa kali, akhirnya berhasil juga mengayuh tuh sepeda dengan lancar, Alhamdulillah.
Hmm… nikmatnya bersepeda di pagi hari di bonbin ragunan. Udaranya begitu sejuk dan segar. Jalanannya juga mulus dan tidak terlalu ramai oleh pengunjung. Sesekali kami mengayuh di jalan menanjak, lumayan menguras tenaga. Di lain waktu, kami meluncur lancar di jalan menurun. Saya diikuti 9 orang anak di belakang. He..he…he.. jadi teringat film jadul favorit, Sound of Music.
Ternyata satu jam bersepeda lumayan capek juga. Walaupun sempat diselingi istirahat, sambil “mengisi bensin”.
Kembali ke judul di atas, Wisata Murah. Yuk kita hitung – hitung berapa pengeluaran kami kemaren :
– Tiket masuk 1 dewasa + 9 anak = Rp. 36.000,-
– Sewa sepeda 2 single + 4 tandem = Rp. 80.000,-
Jadi totalnya Rp. 116.000,-
Hmm….murah gak ya ?
Tapi tak mengapalah. Karena hati senang, anak – anak riang, dapet udara segar, badan bugar. Alhamdulillah….terima kasih Yaa Robb…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

November 2010
M T W T F S S
« Oct   Dec »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Recent Comments

septia susetyo on Kapok Pake JNE
Panca on Kapok Pake JNE
privat name on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE

Visitor Location

Blog Stats

  • 184,978 hits
%d bloggers like this: