Yenni Hartati's Blog & Shop

Pembalut Kain, Pembalut Sehat

Posted on: December 1, 2010

Mungkin banyak wanita yang khawatir setelah membaca artikel ini dan ini tentang bahaya pemakaian pembalut sekali pakai. Namun kekhawatiran itu semoga tidak berlarut, karena kini hadir pembalut kain yang lebih aman. Namun jangan dibayangkan pembalut kain ini seperti yang dipakai oleh ibu – ibu atau nenek kita dulu🙂 Karena pembalut kain atau cloth menstrual pad masa kini, terbuat dari bahan kain berteknologi tinggi.

Bahan tekstil yang digunakan pada cloth menstrual pad, biasanya adalah :

1. PUL (polyurethane laminate ) yang digunakan sebagai lapisan terluar : Bahan ini pada mulanya dikembangkan untuk kebutuhan medis. PUL bersifat lembut, lentur, dan yang paling penting adalah waterproof, alias tidak tembus air. Sehingga PUL akan mencegah kebocoran darah haid yang ditampung di dalam cloth menstrual pad. Uniknya, walaupun PUL ini bersifat waterproof, ia tetap breathable. Sehingga tidak mengganggu sirkulasi udara dan tidak menimbulkan kelembaban.

2. Serat microfiber : bahan ini memiliki daya serap tinggi, sehingga pada cloth menstrual pad, ia difungsikan sebagai lapisan penyerap. Lapisan inilah yang akan menyerap dan menyimpan darah haid. Selain itu, keunggulan serat microfiber adalah hypoallergenic dan antibacterial. Jadi aman untuk kulit yang sensitif. Sifat antibacterialnya akan mencegah tumbuhnya bakteri.

3. Microfleece : Bahan ini biasanya digunakan di lapisan teratas (yang bersentuhan langsung dengan kulit). Bersifat higly breathable, lembut, dan stain repellant (tidak suka noda). Microfleece juga tidak suka cairan, sehingga darah haid akan langsung diteruskan ke lapisan microfiber. Oleh karena itu permukaan microfleece akan tetap kering dan tidak lengket.

Setelah mengetahui bahan – bahan penyusun cloth menstrual pad, tentunya Mom and Sista makin bisa membedakan pembalut kain modern dengan pembalut kain zaman dulu. Pembalut kain zaman dulu, tidak dapat menampung darah haid dalam jumlah banyak. Selain itu, saat pemakaian kain pembalut sering kali menggumpal ke tengah, sehingga mudah bocor. Darah haid juga akan mengering dan keras. Intinya gak nyaman banget deh.

Pembalut kain modern sangat nyaman digunakan. Bahkan dari pengalaman saya, pembalut kain ini lebih nyaman dari pembalut kertas sekali pakai. Selain itu, rasa nyaman juga timbul karena pembalut kain tidak menggunakan zat kimia.

Apa saja keuntungan menggunakan pembalut kain modern ? Keuntungan nya adalah :

1. Lebih sehat, karena bebas bahan kimia berbahaya

2. Nyaman, karena terbuat dari bahan tekstil berkualitas

3. Hemat, karena bisa dicuci dan digunakan kembali. Bahkan, jika perawatannya bagus, dapat bertahan hingga dua tahun. Jadi kita tidak perlu lagi membuang uang untuk membeli pembalut sekali pakai

4. Mengurangi sampah. Jadi kita turut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian bumi. Go green lah….
So, Ayo Saudariku….segeralah menggunakan pembalut kain. Agara kamu menjadi lebih sehat, hemat, dan lingkungan pun terawat….

2

7 Responses to "Pembalut Kain, Pembalut Sehat"

salam kenal ..mau tanya nih,kan pembalut kain sistemnya di pkai berkali-kali dan di cuci.itu apa sama aja kumannya gak mati ??/

Salam kenal juga. Makasih dah mampir😀
Kumannya bisa mati dengan cara dijemur di bawah sinar matahari langsung Mba…Mau coba ?

masa?kalo perkuliahan ana bilangnya kuman mati pada suhu tinggi..tapi kalo dibanding dg pembalut biasa .bagus ini..ada masa max pemakaian ini mbak??cara pemesananya gmn?

kuman mati dengan banyak cara : suhu tinggi, bahan kimia, ultraviolet, dll. Sinar matahari kan mengandung UV jadi bisa bunuh kuman🙂 Bisa dipakai terus, sampe gak layak pakai. Misalnya kainnya dah sobek. Cara pesan bisa dilihat di halaman “kontak kami”.

mbak, sya mau psen pembalut kain? harga reseller berapaan sih ?

maap banget baru bales Mba, dah lama gak buka blog ini😦

Sy sudah gak jual menspad. Kalo mau, bisa ke http://www.clothdiapersmurah.com

Trims🙂

gimana carax mau pesan barangx aq dari sulawesi barat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

December 2010
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Recent Comments

septia susetyo on Kapok Pake JNE
Panca on Kapok Pake JNE
privat name on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE

Visitor Location

Blog Stats

  • 185,303 hits
%d bloggers like this: