Yenni Hartati's Blog & Shop

Mencari Bisnis Sampingan ?

Posted on: April 7, 2011

Semua orang sepakat, bahwa semakin lama kebutuhan hidup suatu keluarga akan semakin banyak. Seiring dengan bertambahnya jumlah dan usia anggota keluarga. Awalnya hanya dua orang. Tak lama kemudian lahirlah anak – anak. Satu, dua, dan seterusnya. Kemudian anak – anak pun akan memasuki sekolah. Kebutuhan semakin bertambah. Belum lagi harga – harga yang terus meningkat. Pengeluaran keluarga pun semakin membengkak.

Sayangnya, peningkatan pendapatan kepala keluarga sering kali tidak sebanding dengan laju pengeluaran. Meskipun sudah ditopang dengan ibu yang turut bekerja. Belum lagi jika terpaksa kehilangan sumber pendapatan karena sesuatu hal. Tak heran, jika kini banyak orang yang mulai melirik bisnis sampingan. Ada yang buka warung kecil – kecilan, jadi agen pulsa, bawa dagangan ke kantor, dan lain – lain. Ada juga yang merambah ke bisnis online.

Bisnis online kini memang sedang tren. Salah satunya karena akses internet yang sekarang sudah lebih mudah, murah dan jangkauannya semakin luas. Bisnis ini juga bisa dijalani dengan modal yang relatif minim bahkan bisa juga tanpa modal. Contoh bisnis berbasis internet ini adalah toko online. Toko online adalah menjual barang2 melalui internet. Foto2 produk ditata seapik mungkin di suatu website atau media lainnya, seperti jejaring sosial facebook, dll. Pembeli bisa memilih barang yang dikehendaki. Komunikasi antara penjual dan pembeli biasanya terjalin melalui email, chating, sms, bbm, atau juga telpon. Pembayaran dilakukan via transfer bank. Untuk toko online yang lebih “canggih”, pembayaran bisa dilakukan dengan kartu kredit. Kemudian penjual mengirim barang ke pembeli via kurir. Mudah kan ?

Sudah banyak orang2 yang sukses dengan membuka toko online. Di antaranya adalah teman – teman ku sendiri. Melihat kesuksesan mereka, aku pun jadi terdorong untuk turut membuka toko online. Saat ini, media jualan ku adalah jejaring sosial facebook, blog ini, dan juga toko online gratisan, seperti dinomarket. Tak terasa, sudah 5 bulan aku menjalani bisnis ini. Alhamdulillah, sudah cukup banyak pelanggan yang datang. Walaupun belum bisa dibilang sukses, tapi aku kini sudah mulai tahu apa yang perlu ku lakukan untuk menjadi sukses.

Sebagai seorang muslim, aku tidak ingin menghalalkan segala cara dalam mendapat keuntungan. Karena tujuanku menjalani bisnis ini bukan semata mengejar keuntungan duniawi berupa materi. Melainkan juga sebagai ibadahku. Oleh karena itu, barang yang kujual sebisa mungkin adalah barang2 bermanfaat, berkualitas, dan halal serta thoyib, jika itu berupa makanan. Selain itu, aku juga berusaha menjaga kepercayaan pelangganku. Dengan menjaga kejujuran dan menjauhi perilaku curang. Harapanku, Allah swt meridhoi bisnisku, dan meluaskan rizqiku.

Pengen tahu produk apa saja yang kujual ? Teman – teman bisa mampir ke sini atau ke sini.

Suamiku juga menjalani bisnis online. Tapi sedikit berbeda dengan bisnisku. Kalau aku, masih direpotkan dengan membeli barang ke  suplier, membuat foto produk, upload ke internet, menata stock, mengurus keuangan, mengirim barang ke pelanggan, dll. Sedangkan suamiku sama sekali tidak direpotkan oleh itu semua. Ia hanya melakukan strategi2 marketing. Jadi kerjanya 100% dilakukan di depan komputer dan internet. Pengen tahu bisnis suamiku ? Klik aja link ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

April 2011
M T W T F S S
« Feb   Jan »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Recent Comments

septia susetyo on Kapok Pake JNE
Panca on Kapok Pake JNE
privat name on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE

Visitor Location

Blog Stats

  • 184,978 hits
%d bloggers like this: