Yenni Hartati's Blog & Shop

www.bajumuslimmurah.org

Posted on: May 18, 2015

web bajumuslimmurahorgAlhamdulillah ada kesempatan untuk nulis lagi🙂 Setelah bertahun – tahun, gak ada posting terbaru.

Akhir – akhir ini, saya memang disibukkan dengan mengurus toko online. Usaha ini sudah saya rintis sejak November 2010 silam. Saat ini usaha saya belum begitu banyak menghasilkan. Mungkin karena semangat saya yang naik turun dalam mengelola usaha ini. Tapi saya yakin, jika usaha ini dikelola dengan serius, pasti akan menghasilkan laba yang lumayan.

Mengapa saya begitu yakin bahwa bisnis ini akan sukses ? Ada beberapa alasan yang mendukung, yaitu :

1. Sandang adalah kebutuhan primer

Usaha saya bergerak di bidang penyediaan kebutuhan sandang, yang merupakan kebutuhan primer. Semua manusia di dunia ini, pasti membutuhkan pakaian, sejak dia dilahirkan sampai nanti kembali menghadap Pencipta-nya. Jadi, pasti akan selalu ada orang yang akan membeli pakaian.

2. Populasi muslim yang besar

Jumlah penduduk muslim sangat besar, khususnya di Indonesia. Jadi target pasar muslim merupakan target yang menguntungkan. Selain itu, meskipun konsep bisnis saya adalah menyediakan pakaian Muslim/Muslimah, tetapi baju – baju yang saya jual juga bisa dan cocok digunakan oleh non Muslim. Hal ini sudah saya buktikan sendiri, ada customer saya yang non Muslim.

3. Nilai Dakwah

Visi saya saat membuka usaha ini tidak hanya mencari keuntungan dunia. Tapi saya juga ingin menabung untuk bekal akhirat. Bagaimana caranya ? Yaitu dengan menjual pakaian yang diperlukan oleh seorang muslim/muslimah untuk menjalankan ajaran Islam. Seorang muslim / muslimah diperintahkan untuk menutup aurat. Jadi saya berupaya untuk membantu saudara sesama muslim khususnya untuk mendapatkan pakaian yang sesuai dengan perintah Islam. Di antaranya, pakaian tersebut harus menutup aurat, tidak transparan, tidak ketat. Dengan visi ini, saya yakin Allah akan membantu saya.

4. Tren Toko Online

Pengguna internet saat ini sangat luas. Di antaranya karena majunya dunia seluler, yang memungkinkan siapa pun, dimana pun, kapanpun dapat mengakses internet dari HP miliknya. Dengan pesatnya perkembangan di dunia maya  ini, terciptalah tren baru, belanja via online. Ada banyak keuntungan yang didapat dari belanja online. Bagi penduduk kota – kota besar seperti Jakarta, mereka tidak usah bersusah payah atau bermacet – macet ria untuk pergi ke pusat perbelanjaan. Bagi penduduk daerah pelosok, mereka pun bisa langsung membeli pakaian yang sedang tren di Jakarta, dengan ongkos kirim yang jauh lebih murah jika dibandingkan transportasi dari daerah mereka ke Jakarta. Dan masih banyak lagi keuntungan yang akan didapat dari berbelanja online.

Kembali lagi ke cerita tentang usaha saya🙂 Yuk, disimak perjalanan toko online saya :

1. Akun facebook pribadi

Awalnya toko online ini saya buka di akun facebook pribadi saya ini. Saya selipkan foto – foto dagangan saya. Pada mulanya banyak teman – teman yang memberi komentar negatif. Di antaranya, koq facebook dipake untuk jualan, kan harusnya dia untuk menjalin pertemanan. Tapi saya tidak peduli dengan komentar2 negatif itu. Saya pikir, di dunia offline saja banyak yang sambil jualan. Misalnya ada yang kerja kantoran, dia bawa barang dagangan. Ada juga yang bawa barang dagangan ke arisan – arisan. Untuk hal – hal ini banyak yang tidak komplain. Bahkan banyak yang justru senang, karena mereka bisa belanja barang – barang kebutuhannya dengan mudah. Jadi, sah – sah aja kan kalo facebook dipakai untuk jualan juga🙂 Dimana ada gula ada semut. Dimana ada keramaian, pasti ada pedagang.. he..he..he.

2. Akun facebook khusus jualan

Agar usaha saya bisa lebih fokus dan berkembang, akhirnya saya buat akun facebook khusus untuk jualan. Saya beri nama roemah birru. Banyak yang mengira bahwa rumah saya berwarna biru😀. Padahal, birru (dengan dua huruf r) itu saya ambil dari bahasa Arab, yang berarti kebaikan. Jadi Roemah Birru adalah Roemah Kebaikan. Nama ini adalah usulan teman saya, Laili. Waktu itu saya bersama bu Laili merintis usaha ini. Awalnya produk yang saya jual masih bermacam – macam, mulai dari kaldu non MSG, mainan anak, menstrual pad, baju anak, aksesoris, baju muslim, baju renang muslimah, dan lain – lain. Karena produknya masih bermacam – macam, maka saya putuskan mencari nama yang global.

3. Facebook fan page

Saya sadar bahwa akun facebook biasa hanya bisa diakses oleh teman atau orang lain yang belum menjadi teman, tapi dalam jumlah terbatas. Oleh karena itu, saya mulai membuat akun facebook fanpage Toko Online Roemah Birru. Akun ini saya buat bulan April 2012. Awalnya, teman – teman di fb Roemah Birru heran, kenapa koleksi baju nya tidak bertambah. Karena koleksi baju – baju terbaru hanya saya upload di fanpage. Alhamdulillah, lama – kelamaan teman – teman pun mulai mengenal fan page saya.

4. Website Toko Online

Pada bulan Desember 2012, saya berkesempatan mengikuti pelatihan Bangun Bisnis Online. Acara ini berlangsung selama dua hari penuh. Di sini saya diajarkan dasar – dasar cara membuat toko online yang menguntungkan. Caranya sangat mudah, bisa saya kerjakan sendiri. Padahal background pendidikan saya adalah farmasi, tidak mengerti soal information technology sama sekali. Dari pelatihan ini, jadi lah website toko online saya www.bajumuslimgaya.com. Ini bukan website toko online saya yang pertama, sebelumnya saya sudah punya website http://www.roemahbirru.com, yang dibuatkan oleh suami saya. Tapi sayangnya saya waktu itu belum punya cukup waktu untuk mengelola web tersebut. Selain itu, web RoemahBirru.com ini juga belum selesai sepenuhnya, karena suami saya sibuk dengan tugas – tugas kantornya.

5. Website Toko Online Mobile Friendly

Teknologi terus berkembang. Meskipun sudah punya website toko online, bukan berarti pekerjaan selesai. Alhamdulillah saya berkesempatan gabung dengan komunitas para pebisnis online. Komunitas ini dibimbing langsung oleh coach yang sudah sukses di bisnis online. Tertarik gabung ke komunitas ini ? Hubungi saya ya. Dari komunitas ini lah saya tahu bahwa google lebih suka dengan website yang mobile friendly. Karena banyak orang yang kini memiliki smartphone. Mereka lebih suka berselancar di dunia maya dari gadget, karena bisa dilakukan dimana – mana, kapan saja, dengan pulsa yang tidak mahal juga. Bahkan bisa gratis jika ada fasilitas wifi😀 So, sejak Mei 2015 ini lahirlah website baru toko online kami : www.bajumuslimmurah.org. Website baru ini sangat mudah dikelola. Harga beli nya juga sangat terjangkau. Anda tertarik untuk membuat toko online yang cepat dan murah ? Silahkan hubungi saya, untuk informasi lebih lanjut…

Foto screen shot web baru saya ada di awal artikel ini..

Sekian dulu, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

May 2015
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Recent Comments

septia susetyo on Kapok Pake JNE
Panca on Kapok Pake JNE
privat name on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE
Erlina on Kapok Pake JNE

Visitor Location

Blog Stats

  • 184,978 hits
